Datang dari Tanah Rencong

Keberadaan organisasi Aceh Sepakat menjadi salah satu bukti warga asal Aceh  telah lama bermukim di Kota Medan. 


Warung kopi di  sebuah eks loket  bus antar propinsi, Jalan Gajah Mada, Medan, ramaidipadati  pengunjung. Dari wajah seluruh pengunjung, mayoritas didominasi warga etnis Aceh.



Bagi masyarakat asal Aceh, Jalan Gajah Mada, sudah tidak asing lagi mengingat kawasan ini sempat sebagai pusat transportasi darat Medan-Banda Aceh-Medan, jauh sebelum Terminal Pinang  Baris ada. Itu sebabnya, masyarakat pendatang asal Aceh, lambat-laun ramai bermukim di sini, Jalan Darussalam dan sekitarnya.

Bahkan, seiring berjalannya waktu,  atmosfir ‘bumi rencong’ di kawasan ini semakin kental dengan kian menjamurnya hotel dan penginapan nuansa Aceh, dan ramainya warga Aceh membuka usaha kedai kopi serta kuliner Aceh.  

“Masyarakat Aceh yang tersebar di luar propinsi Aceh yang paling terbesar di Sumatera Utara, umumnya datang untuk berniaga. Maka di era tahun 60-an pengusaha-pengusaha besar keturunan Aceh sudah ada di Medan,” sebut H M Husni Mustafa SE, Ketua Umum DPP Aceh Sepakat.

Aceh Sepakat merupakan wadah perkumpulan masyarakat Aceh  di Kota Medan yang didirikan pada 31 Desember 1968 lalu. Organisasi ini dibentuk bertujuan untuk mempersatukan semua perkumpulan etnis Aceh di Sumut karena sebelumnya, masyarakat Aceh terpecah dalam sejumlah wadah, seperti Perkasa, Perkumpulan Masyarakat Aceh (PMA),  Perkumpulan Masyarakat Pidie, Aceh Utara, Aceh Gayo, Aceh Barat/Selatan.  Sedangkan yang informal antara lain Serikat Tolong Menolong (STM) Aceh Besar, Perkumpulan Pengajian, dan Arisan.

Seiring dengan waktu, organisasi ini kemudian berkembang ke bidang sosial dan keagamaan dengan mendirikan sejumlah fasilitas di Kota Medan, seperti Masjid Raya Aceh Sepakat Medan di Jalan Mengkara, Rumah Sakit Islam Malahayati di Jalan Diponegoro, Yayasan Panti Asuhan Darul Aitam di Jalan Medan Area Selatan, Yayasan Pendidikan Islam Miftahussalam di Jalan Darussalam, Asrama Mahasiswa dan lahan pekuburan.

“Ini dibangun karena Aceh Sepakat merupakan wadah kepedulian sosial dan keagamaan. Tidak hanya untuk etnis Aceh namun juga untuk masyarakat umum lainnya,” terang Husni .


Salah satu fasilitas yang tidak pernah sepi dikunjungi masyarakat Aceh adalah Masjid Raya Aceh Sepakat Medan. Masjid yang didirikan mulai sekitar  tahun 1997 ini, tak hanya sekadar sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan, tapi juga dijadikan sebagai pusat informasi dan komunikasi antar masyarakat Aceh.

Menurut Husni, kedatangan masyarakat Aceh ke Medan, sudah dimulai sejak Sultan Iskandar Muda (palingma besar dalam masa Kesultanan Aceh, berkuasa dari tahun 1607-1636), menjalin hubungan dengan Kesultanan Deli, sampai ada pernikahan  antara Raja Aceh, Sultan Mukhayat Syah dengan Putri Hijau, putri dari Sultan Deli, Sultan Sulaiman.

Kemudian, periode pada jaman penjajahan Belanda, dimana masyarakat Aceh datang ke Medan turut membantu perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan yang kemudian memilih menetap di Medan. Umumnya masyarakat Aceh datang ke Medan, lanjut Husni karena berniaga.   

“Budaya Sumut dengan Aceh tidak jauh  berbeda. Masyarakat Sumut sangat Well Come kepada pendatangnya. Maka tidak heran, kuliner Aceh  banyak di sini,” tambah Husni tersenyum. (Midian Simatupang)

Komentar