Wednesday, 19 February 2014

Demi Hobi, Silaturahmi dan Kepedulian

Sinar bulan begitu lembut menyinari kawasan Masjid Raya, Medan, Selasa malam, awal Januari lalu. Di bagian trotoar jalan, sekumpulan anak muda bercengkrama di antara deretan sepeda motor Honda City Sports One (Cs1). Mereka adalah pehobi sepeda motor Cs1 tergabung dalam Honda City Sport Team (HCST) Chapter Medan. 

"Di sinilah tempat kami Kopdar setiap Jumat malam dari pukul 20.00 sampai 22.00 Wib. Kami kumpul tidak perlu sampai lama, biar teman-teman esokya bisa melakukan aktivitas lainnya," sebut Gus Pratama Yunas, Wakil Ketua HCST Chapter Medan. 
Malam itu saya memang sengaja menemui mereka, setelah mengikat janji melalui media sosial facebook. Meski keberadaan komunitas ini belum sepopuler komunitas otomotif lainnya di Kota Medan, kehadiran mereka telah memberi warna bagi kalangan pecinta dan komunitas otomotif di Kota Medan. 
Komunitas ini resmi berdiri pada 6 Juni 2012 lalu, setelah terlebih dahulu mendapat izin dari HCST Indonesia--induk dari HCST se- Indonesia. Selain di bawah naungan HCST Indonesia, HCST Chapter Medan juga masuk dalam binaan Aliansi Masyarakat Pecinta Otomotif (AMPO). 
HCST Chapter Medan terbentuk berawal dari kesamaan hobi sejumlah pengendara Cs1. Motor yang mengandalakan mesin tegak empat tak SOHC dengan kapasitas 124.7 cc dan sudah menggunakan Liquid cooled-Radiator ini memang sangat berbeda malah terbilang unik dan tampil beda dengan performanya yang fenomenal. 
Cikal bakal komunitas ini dirintis oleh enam riders Cs1. Kemudian mereka mengajak pengemudi Cs1 yang ditemui di jalanan dan melalui media sosial facebook. "Awal tercetus pada 6 Juni 2012 masih sembilan riders, kini sudah 19 riders terdiri dari pengurus dan anggota," kata Hendrick Aritonang, Ketua HCST Chapter Medan, menimpali perbincangan.    
Hendrick Aritonang mengatakan, mayoritas pengurus dan anggota yang tergabung dalam HCST Chapter Medan lebih didominasi kalangan mahasiswa, dan kemudian karyawan. Sebahagian di antaranya berasal dari luar Kota Medan yang kebetulan sedang kuliah di Kota Medan. 
Melalui komunitas inilah lanjut Hendrick Aritonang, para pecinta Cs1 bisa menyalurkan hobi, menjalin silaturahmi, kreativitas, kepedulian antar sesama pengguna Cs1 dan masyarakat umum.   
Hal itu sudah ditunjukan dengan berbagai kegiatan yang sudah mereka lakukan. Kegiatan touring misalnya, sudah sering dilakukan. Daerah yang sudah dijelajahi adalah Lhokseumawe sembari menjalin silaturahmi dengan HCST Chapter Medan. Touring ke Parapat, Tinggi Raja dan Tanjungbalai. "Agenda touring untuk anniversary (ulang tahun) HCST Chapter Medan ke dua ke puncak Samosir bulan Agustus nanti," tambah Gus Pratama Yunas. 
Sementara untuk kepedulian antar sesama pengguna Cs1, komunitas lain dan masyarakat umum juga mereka galang. Kegiatan yang sudah mereka lakukan di antaranya, yakni mengadakan bantuan sosial ke Panti Asuhan Al-Jam'iyatul Washliyah di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Medan Deli dalam kegiatan Shaur On The Road (SOTR) tahun 2013 lalu. 
Kepedulian terhadap korban bencana gunung Sinabung juga mereka tunjukan dengan memberikan bantuan sosial berupa bahan makanan dan pakaian. "Ke depan kita juga akan mengadakan donor darah," tukas Gus Pratama Yunas.  
Kendati usia HCST Chapter Medan masih balita, berdirinya komunitas ini tidak sembarang karena didasari oleh Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), visi dan misi yang jelas sebagai acuan prilaku bagi pengurus dan anggota.
"Kami juga ingin menjadi cerminan pelopor keselamatan berkendaraan bagi masyarakat dan pengendara lainnya. Kami juga ingin mengakomodir agar anak-anak dalam menyalurkan hobi balapan tidak di jalanan, namun di serkuitlah tempatnya," lanjut Hendrick Aritonang. 
Bagi yang tertarik bergabung di HCST Chapter Medan, Hendrick Aritonang mengaku terbuka bagi siapa saja. "Syaratnya punya Cs1, punya loyalitas. Namun, untuk bisa menjadi anggota tetap, harus ikut kopdar minimal sebulan dan dua kali ikut touring dan safety riding," pungkas Hendrick Aritonang. (midian simatupang)      



HCST Chapter Medan

Ketua     : Hendrick Aritonang
Wakil Ketua: Gus Pratama Yunas
Sekretaris    : Mikhael Fransisco Purba
Bendahara  : Desvina Sari 
Facebook   : HCST Chapter Medan

Post a Comment