Saturday, 2 November 2013

Menyatukan Hobi di TYCI


Sekumpulan anak muda pencinta Toyota Yaris di Medan mendirikan sebuah komunitas. Di komunitas ini mereka menjalin kekompakan dan kebersamaan dalam menyalurkan hobi.

Menyalurkan hobi di dunia otomotif sebenarnya tak hanya semata berkutat pada modifikasi. Hobi juga bisa dimanfaatkan untuk menambah pergaulan dan rasa solidaritas serta kepudulian antara sesama pecinta otomotif. Hal inilah dilakukan para pecinta mobil Toyota Yaris di Medan. Merasa memiliki hobi yang sama, mereka membentuk komunitas bernama Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) Medan Chapter. 
Komunitas ini resmi terbentuk sejak 30 Juni 2012 lalu dan kini telah memiliki 70 orang anggota. Mereka yang kumpul disini beragam usia, pendidikan, profesi, etnis dan agama. "Sebahagian besar anak muda berstatus mahasiswa dan pekerja. Namun, ada juga yang sudah berkeluarga," kata Ketua TYCI Medan Chapter, Ahmad Affandi, drg (25) didampingi Ketua Harian, M Wiko Ashad (21) , Setia Budi Mas, Jalan Setia Budi, Selasa malam (3/9). 

Meski pengurus dan anggotanya berasal dari latar belakang yang berbeda, toh tak menjadi hambatan untuk meningkat rasa kebersamaan, kekompakan dan nasib sepenanggungan. Lihat saja ketika mereka ngunpul, canda dan tawa selalu terlontar dari mulur mereka. Kesamaan hobi dalam satu komunitas seakan 'menyuci' pikiran mereka untuk menghilangkan perbedaan-perbedaan yang ada . 
Komunitas ini terbetuk berawal dari Ahmad Affandi mencari tahu tentang Club Toyota Yaris Indonesia di internet. Setelah menemukan, dokter gigi yang akbrab disapa dengan sebutan Pepeng ini kemudian menjalin komunikasi dengan TYCI Pusat. Gayung pun bersambut. Tak lama kemudian sejumlah pengurus TYCI Pusat melantik secara resmu kepengurusan TYCI Medan Chapter pada 30 Juni 2012 lalu di Bengkel Sehat, Jalan Sei Batang Hari, Medan.
 Awal ketika baru terbentuk komunitas ini masih hanya beranggotakan 25 orang saja. Namun, sering berjalannya waktu, jumlah anggota yang bergabung di komunitas terus bertambah. Kini sudah 70 orang terdaftar resmi sebagai anggota. "Di TYCI rasa kekompakan dan solidaritasnya tinggi. Banyak kesan-kesan di sini, orangnya baik-baik dan saling membantu," kata M Wiko Ashad menimpali.     
Kendati usia komunitas ini masih seumur jagung, kehadiran mereka tak kalah dengan komunitas otomotif lainnya yang sudah lama hadir di Medan. Bukti itu ditunjukan dengan berbagai event sudah sering digelar. 
Pada acara jambore nasional TYCI Jakarta-Solo, 11- 16 Agustus 2013 lalu misalnya, sebanyak tujuh orang utusan dari TYCI Medan Chapter ikut touring bersama 150 unit mobil Toyota Yaris dari seluruh Indonesia dengan rute: Jakarta-Jogyakarta, Jogyakarta-Solo, Solo-Semarang dan berakhir di Jakarta. "Jambore nasional diadakan untuk mengikat tali silaturahmi sesama pencinta Yaris di Indonesia. Event touring yang diadakan saat itu sangat berkesan bagi kami," ujar Ahmad Affandi lagi.  
Seakan tidak puas hanya mengikuti touring pada jambore nasional itu, mereka sudah menyusun rencana untuk menggadakan touring dalam waktu dekat ini. "Pada bulan November tahun ini kita berencana mengadakan mini touring ke Danau Toba," ungkap Ahmad Affandi. 
Meski komunitas otomotif selalu identik dengan kegiatan touring, namun tak membuat TYCI Medan Chapter tidak tutup mata dengan kondisi sosial di masyarakat. Pada ulang tahun pertama TYCI Medan Chapter yang digelar di Rumah Makas ACC Jalan Sisingamangaraja, mereka turut mengundang anak-anak dari Panti Asuhan. 
Begitu pula pada bulan Ramadan lalu, mereka mengadakan Sahur On The Road (SOTR) bersama komunitas lain, membagi makanan untuk sahur bagi kaum papah di jalanan Kota Medan. "Jadi kegiatan kami tidak hanya touring semata, belakangan ini kami juga sering menggelar kegiatan bakti sosial," paparnya. 
Sering menggelar berbagai kegiatan positif, wajar membuat berbagai pihak memberikan dukungan ke komunitas ini. Salah satu pihak yang sangat memberikan dukungan sampai saat ini adalah Auto 2000,  main dealer mobil Toyota di Sumatera Utara. Setiap anggota TYCI Medan Chapter mendapat diskon 20% untuk servive kendaraaan. Selain itu, Auto 2000 mendukung penerbitan majalah komunitas Toyota Yaris Sumatera. "Kami juga mendapat dukungan keuangan bila mengadakan kegiatan," ujarnya.
Bagi masyarakat Kota Medan yang memiliki Toyota Yaris, komunitas ini membuka diri untuk ikut bergabung. Meski demikian, bukan berarti komunitas ini sembarangan menerima calon anggota. Pasalnya, komunitas ini memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang harus ditaati kepada calon anggota, yakni pengguna Toyota Yaris, memiliki surat izin mengemudi (SIM) dan membayar iuran yang digunakan untuk keperluan atribut seperti seragam dan stiker.
Tak cukup hanya itu saja, setiap anggota dan pengurus wajib menjunjung tinggi take line '3S' TYCI (safety driving, smart driving dan Share driving), dengan maksud menunjukan komunitas ini bukanlah hanya tempat untuk bersenang-senang. Untuk safety driving,  setiap anggota harus mentaati rambu-rambu lalu-lintas, kemudian smart driving (kepintaran dalam mengemudi) dan share driving yang artinya setiap anggota memiliki kepedulian dalam mengemudi demi menghindari kecelakaan saat mengemudikan mobil. (midian simatupang)     
    

Kepengurusan TYCI Medan Chapter

Ketua           
Ahmad Affabdi, drg
Sekjen
Rifhy Filosophy, SE
Sekretaris          
Natya Shanaz
Bendahara I   
Gizha Idzni, S.ked
Bendahara II  
Chelso Andingi
Ketua Harian 
M. Wiko Ashad
Sekretaris Harian
Kevin Sirait
Wkl Ketua Harian
Rendy Nugraha
Ka. Bid Acara
Andi Rheriza
Ka. Bid Anggota dan Humas
Maulana Mukti

Cp. 08197231056 (Fandi)
      081264141900 (Maulana)
Twiter    : @yarisclub_medan
Instagram : @yarisclub_medan
Post a Comment