Friday, 20 September 2013

Keluarga Pecinta Suzuki Aerio




Rasa cinta yang sama pada mobil bisa menjadi sarana untuk mempererat pertemanan. Seperti yang dilakuan 28 orang pehobi mobil Suzuki Aerio di Medan ini, mereka membentuk keluarga bernama Aerio Medan Club (AMC).

Bisman Marpaung, 30 tahun, selalu semangat bila berbicara tentang mobil Suzuki Aerio. Baginya, Suzuki Aerio adalah mobil tak ada duanya dibanding model yang lain. Sejak tahun 2007 lalu, wiraswata ini sudah kepincut mobil Suzuki Aerio. Sampai ini mobil yang digunakan masih Suzuki Aerio.

"Body Aerio itu bagus, bisa masuk di semua kalangan dari anak muda sampai keluarga. Semua orang bisa masuk," ungkap Bisman Marpaung dengan bangga kepada Medan Look di Singapore Station, Jalan Brigjen Katamso, Rabu sore pekan lalu.

Kecintaan pada mobil proudksi Jepang ini mendorongnya membentuk komunitas Suzuki Aerio di Medan. Apalagi, masyarakat Medan yang menggemari mobil ini tidak sedikit. Bisman pun kini didaulatkan sebagai Ketua Aerio Medan Club yang resmi berdiri pada 1 Juli 2011.

Saat ini sudah 28 orang yang terdaftar di komunitas ini. Mereka berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan hingga yang sudah berstatus orangtua.  

Bisman mengatakan, terbentuknya komunitas ini berawal dari dirinya berkenalan dengan Firdaus melalui jejaring facebook. Lama bercerita di facebook, keduanya pun mendapat ide untuk membentuk komunitas Suzuki Aerio di Medan bernama Aerio Medan Club (AMC). Tujuan komunitas ini dibentuk untuk dijadikan sebagai wadah mempererat pertemanan dan saling bertukar informasi tentang Suzuki Aerio.

Untuk mewujudkan ide itu, keduanya pun mencari anggota. Setiap bertemu mobil Suzuki Aerio di jalanan, Bisman dan Firdaus tak malu menawarkan kepada sang pemilik mobil untuk ikut bergabung di komunitas ini. "Kami juga mencari anggota melalui facebook dan twiter," ujarnya.

Jeri payah mereka akhirnya tak sia-sia. Komunitas ini akhirnya terbentuk dan besar hingga menjadi komunitas yang dipandang oleh komunitas otomotif lainnya di Medan. Salah satu bukti itu terlihat dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 AMC di Hotel TD Pardede, Jalan Juanda, Medan, 6 Juli lalu. Sebanyak 28 club otomotif turut hadir memeriahkan ulang tahun ke-2 AMC.

"Kami mengundang club lain untuk menjalin tali silaturahmi antar sesama club mobil di Medan," papar Yuan Naufal, Ketua Panitia HUT ke-2 AMC menimpali.  

Tak hanya itu, HUT ke-2 AMC yang diselenggarakan mendapat dukungan dari PT Trans Sumatera Agung Suzuki selaku main dealer Suzuki Mobil di Wialayah Sumatera Utara, Bengkel Sehat Gaharu dan Jame's Production sebagai pengisi acara. "Bulan November nanti akan diadakan pemilihan pengurus baru," tutur Bisman.

Terus Membangun Kebersamaan
Tak berbeda dengan komunitas otomotif lainnya, kekompakan antara anggota dan pengurus di AMC sangat begitu kental. Mereka ibarat sebuah keluarga besar. Tak terlihat perbedaan suku, ras dan agama di antara mereka.

Tak heran bila, canda dan tawa selalu menghiasi suasana saat mereka sedang melakukan kopi darat. "Lebih enak kalau kita ngumpul sesama satu jenis mobil. Kalau cerita mobil pasti nyambung," beber Bisman terseyum.

Untuk meningkatkan rasa kebersamaan, komunitas ini mengadakan Kopdar setiap Jumat malam di Singapore Station, Jalan Brigjen Katamso atau di Tasbi Square.
Rully Syanda, member senior AMC mengatakan, kopdar merupakan wadah bagi sesama anggota untuk mempererat rasa kekompakan, sharing dan bertukar informasi mengenai mobil bahkan tidak tertutup kemungkinan hingga bisnis.

"Club ini sangat bagus, karena di sini kita bisa saling sharing. Saya selalu membawa istri dan tiga orang putri saya pada saat ngumpul," sahut Rully.

Tak hanya sekedar kopdar, komunitas ini giat menyelenggarakan berbagai event mulai dari touring, bakti sosial, dan turnamen. Pada HUT AMC ke-1 pada tahun lalu, misalanya mereka mengadakan touring ke Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada bulan Ramadan tahun ini, AMC juga mengadakan Shaur On The Road (SOTR) di kota Medan. Tak hanya itu, mereka juga pernah mengadakan turnamen Futsal antar club mobil pada Desember 2012 lalu yang diikuti 16 club mobil.

Sebagai club mobil yang sering mengadakan berbagai kegiatan positif, wajar bila sejumlah kalangan memberikan dukungan kepada komunitas ini. PT Trans Sumatera Agung Suzuki selaku main dealer Suzuki Mobil di Wialayah Sumatera Utara misalnya, memberikan suport diskon 15% untuk service kepada mereka.

"Sekarang sudah berlaku di seluruh showroom mobil Suzuki di Medan," tambah Bisman. Selain itu, mereka juga mendapat fasilitas diskon 15% untuk pelayanan doorsmer dan shalon di Bengkel Sehat Gaharu, Jalan Gaharu, Medan.

Tak mau Gaya-gayaan
Meski komunitas ini masih berusia muda, AMC tak sembarangan didirikan. Komunitas ini memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang harus dipatuhi sesama anggota dan pengurus. Aturan ini dibuat agar komunitas ini memiliki tujuan dan arah yang jelas.

Setiap pengurus dan anggota menjunjung rasa kekompakan dan kebersamaan. "Kita bukan club mobil gaya-gayaan. Di sini juga kita tetapkan aturan tertib berlalu-lintas," jelas Bisman.

Menurut alumni fakulas ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) ini, AMC terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung. Persyaratannya pun tidak begitu banyak dan berlebihan, hanya harus mempunyai atau pakai mobil Suzuki Aerio dan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

 "Di sini juga kita terapkan tertib berlalu-lintas karena kita bukan club gaya-gayan. Prinsipnya kita buat secara kekeluargaan,"pungkasnya.(*)


Pengurus Aerio Medan Club 2011-2013

Ketua            : Bisman Marpaung, SE
Wakil Ketua  : Yuan Naufal
Sekretaris      : Firdaus Nasution
Bendahara    : Helena, S.ked
Wkl Bendahara: Edward Rambano Pinem, SH
Humas        : Ammar Fadila
Fb               : Aerio Medan Club
email: am_club@yahoo.com
Post a Comment